PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI IPS SMA K.H.Z Musthafa Kabupaten Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022)

HAMDANI, REZA RENGGANA (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI IPS SMA K.H.Z Musthafa Kabupaten Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
6. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf

Download (296kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMAKASIH, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR BAGAN, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (411kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (344kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (665kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK Reza Renggana Hamdani, 2021. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Indonesia Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI IPS SMA K.H.Z Musthafa Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dan peneliti akan mencobakan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen dengan desain nonequivalent kontrol group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA K.H.Z Musthafa Kabupaten Tasikmalaya dengan jumlah 89 peserta didik, yang dijadikan sampel adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 peserta didik, dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample test, uji independent samples test dan N-gain. Berdasarkan penelitian terdapat pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Peningkatan tersebut dilihat dari perolehan rata-rata skor pretest sebelum menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here sebesar 69.5, sedangkan perolehan rata-rata skor posttest sesudah strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here sebesar 93,2. Data tersebut mendukung bahwa penelitian yang dilakukan peneliti berhasil dibuktikan berdasarkan uji independent samples t-test, yakni nilai Sig.(2tailed) < 0.05. Dengan demikian, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here pada pelajaran sejarah Indonesia materi proklamasi kemerdekaan Indonesia terhadap terhadap hasil belajar peserta didik di kelas XI IPS SMA K.H.Z Musthafa Kabupaten Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2021/ 2022. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 08 Dec 2022 06:05
Last Modified: 08 Dec 2022 06:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7594

Actions (login required)

View Item View Item