ANGJELINA, GRACE (2019) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (339kB) |
|
Text
bab 2.pdf Download (325kB) |
|
Text
bab 3.pdf Download (180kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (818kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (230kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang terjadi pada siswa serta faktor penyebab siswa mengalami miskonsepsi pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Tasikmalaya kelas VII C yang berjumlah 32 peserta didik. Subjek dari penelitian ini diambil secara purposive yaitu 5 siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes analisis miskonsepsi yang disertai dengan Certainty of Response Index (CRI) dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa (1) S4 melakukan miskonsepsi persamaan, S10 melakukan miskonsepsi operasi, S17 melakukan miskonsepsi variabel, S28 melakukan miskonsepsi pecahan, S10 melakukan miskonsepsi tanda negatif. (2) Penyebab miskonsepsi yang terjadi diantaranya prakonsepsi yang siswa yang salah, pemikiran asosiatif siswa, pemikiran humanistik, penalaran yang tidak lengkap, intuisi yang salah, kemampuan siswa dan minat belajar siswa. Kata Kunci : Certainty of Response Index (CRI), Miskonsepsi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 02:08 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 02:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/759 |
Actions (login required)
View Item |