RAHMAN, LUTHFAN FADHLUR (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN DIAGRAM V TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM GERAK MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas XI MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (54kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (73kB) |
|
Text
03 SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (100kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (15kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL & DAFTAR GAMBAR.pdf Download (324kB) |
|
Text
06 BAB I.pdf Download (320kB) |
|
Text
07 BAB II.pdf Download (834kB) |
|
Text
08 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
09 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
10 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
|
Text
11 Daftar Pustaka.pdf Download (418kB) |
|
Text
12 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK LUTHFAN FADHLUR RAHMAN, 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN DIAGRAM V TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM GERAK MANUSIA (Studi Eksperimen Di Kelas XI MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram v terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada konsep sistem gerak manusia di kelas XI MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan desain penelitian Control group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MAN 3 Tasikmalaya tahun pelajaran 2021/2022, yaitu sebanyak 4 kelas berjumlah 140 orang. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPA 1 menggunakan model Inkuiri terbimbing dengan diagram v dan kelas XI IPA 2 menggunakan model discovery learning. Teknik pengumpulan data berupa dengan menggunakan tes. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang mengarah pada kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk soal uraian/essay sebanyak 15 nomor. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif, yaitu data yang dapat diwujudkan dengan angka yang diperoleh dari lapangan yang diolah melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dalam penelitian menunjukan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram v terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi sistem gerak manusia kelas XI IPA MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Diagram V, Pemecahan Masalah, Sistem Gerak Manusia
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 06:13 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 06:13 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7535 |
Actions (login required)
View Item |