ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK DALAM MATERI DERET GEOMETRI TAK HINGGA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR FELDER-SILVERMA

ROHIMAH, SITI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK DALAM MATERI DERET GEOMETRI TAK HINGGA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR FELDER-SILVERMA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Rohimah, 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Lateral Peserta Didik Dalam Materi Deret Geometri Tak Hingga Ditinjau dari Gaya Belajar Felder-Silverman. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir lateral peserta didik ditinjau dari gaya belajar Felder-Silverman tipe dimensi presepsi (sensing dan intuitive), tipe dimensi input (visual dan verbal), tipe dimensi pemrosesan (active dan reflective) dan tipe dimensi pemahaman (sequential dan global). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksploratif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Tasikmalaya kelas XI MIPA 1. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, angket gaya belajar, dan wawancara. Instrumen penelitian ini adalah soal tes kemampuan berpikir lateral dan angket gaya belajar Felder-Silverman. Teknis analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Subjek dimensi presepsi, tipe gaya belajar sensing (S7) dan intuitive (S22); subjek dimensi input, tipe gaya belajar visual (S12) dan verbal (S27); subjek dimensi pemrosesan, tipe gaya belajar active (S6); dan subjek dimensi pemahaman, tipe gaya belajar sequential (S28) dan Global (S25) mampu memenuhi halhal yang diketahui dan ditanyakan dari soal; mengembangkan rumus deret geometri tak hingga; menuliskan rumus geometri tak hingga; melakukan perhitungan secara sistematis, tidak mampu memberikan alasan yang berkaitan dengan deret geometri tak hingga dan tidak mampu mengerjakan perhitungan dengan menggunakan cara sendiri. Subjek dimensi pemrosesan, tipe gaya belajar reflective (S9) mampu memenuhi hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal; mengembangkan rumus deret geometri tak hingga; menuliskan rumus geometri tak hingga; melakukan perhitungan secara sistematis; memberikan alasan yang berkaitan dengan deret geometri tak hingga, tidak mampu mengerjakan perhitungan dengan menggunakan cara sendiri. Kata kunci: Analisis, Kemampuan berpikir lateral, Gaya Belajar Felder-Silverman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:07
Last Modified: 06 Dec 2022 01:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7522

Actions (login required)

View Item View Item