PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

AGUSTIN, SIENA AZIZAH (2022) PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN, PERNYATAAN.pdf

Download (661kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (326kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Siena Azizah Agustin. 2022. "Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Dan Kemandirian Belajar Melalui Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Survey Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)". Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Edi Fitriana Afriza, M.M. dan Rendra Gumilar, M.Pd. Masalah dari penelitian terkait rendahnya hasil belajar ekonomi peserta didik dan rendahnya motivasi belajarnya yang diantaranya disebabkan oleh lingkungan teman sebaya dan kemandirian belajar. Metode penelitian ini menggunakan survey dengan desain survey eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI, baik itu jurusan IPS maupun MIPA SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya yang berjumlah 239 orang dan adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportionate random sampling dengan penghitungan sampel menggunakan rumus Slovin, maka yang termasuk kedalam sampel penelitian ini adalah 150 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung yaitu: 1) Lingkungan teman sebaya berpengaruh langsung secara signifikan terhadap motivasi belajar, dengan nilai sig. 0,000. 2) Kemandirian belajar berpengaruh langsung secara signifikan terhadap motivasi belajar, dengan nilai sig 0,013. 3) Lingkungan teman sebaya berpengaruh langsung secara signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai sig 0,033. 4) Kemandirian belajar berpengaruh langsung secara signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai sig. 0,014. 5) Motivasi belajar berpengaruh langsung secara signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai sig. 0,002. 6) Lingkungan teman sebaya berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan nilai t hitung 2,230 > t tabel 1,976. 7) Kemandirian belajar berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan nilai t hitung 2,931 > t tabel 1,976. Kata Kunci: Teman Sebaya, Kemandirian, Motivasi, Hasil, Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 11 Nov 2022 08:54
Last Modified: 11 Nov 2022 08:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7350

Actions (login required)

View Item View Item