PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Terpadu Plus Pesantren Al-Burhan Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Mekarsasi, Rindang (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Terpadu Plus Pesantren Al-Burhan Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Rindang Mekarsasi 2021. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menyimpulkan Isi Surat Pribadi dan Surat dinas dengan Menggunakan Model Pembelajaran Studens Teams Achievement Divisions (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas VII SMP IT Plus Pesantren Al- Burhan Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Secara tersurat dalam kurikulum 2013 revisi dinyatakan bahwa mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Studens Teams Achievement Divisions (STAD) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas pada peserta didik kelas VII SMP IT Plus Pesantren Al- Burhan Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian ini menggunakan metode PTK, dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik angket. Sampel penelitian ini sebanyak 1 kelas, yang berjumlah 20 peserta didik. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus kesatu ke siklus kedua. Hasil belajar peserta didik pada siklus 1 pertemuan pertama 7 orang peserta didik (35%) belum mencapai KKM dan 13 orang peserta didik (65%) telah mencapai KKM. Pertemuan kedua 6 orang peserta didik (30%) belum mencapai KKM dan 14 orang peserta didik (70%) sudah mencapai KKM. Pada siklus II aspek pengetahuan dan keterampilan, seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Hasil uji normalitas data nilai siklus 1 dan siklus II data berdistributor tidak normal, sehingga menggunakan uji W yang hasilnya Whitung lebih kecil dari pada nilai Wtabel dalam taraf siginifakasi (0,05). Uji W menunjukan hasil belajar pada siklus II sebagai tindak lanjut dari siklus I, kemampuan hasil belajar peserta didik ada perubahan dan peningkatan. Hasil analisi data menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima. Artinya, metode pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII SMP IT Plus Pesantren Al- Burhan Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 dalam mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 11 Nov 2022 08:53
Last Modified: 11 Nov 2022 08:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7347

Actions (login required)

View Item View Item