SURYANA, SHOFA (2022) HUBUNGAN KESADARAN METAKOGNITIF DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA (Studi Korelasi di kelas XI MIPA MA Raudlatutta’allum Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (509kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (264kB) |
|
Text
LEMBAR KEORISINILAN SKRIPSI.pdf Download (307kB) |
|
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (382kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf Download (396kB) |
|
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf Download (189kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR SKRIPSI.pdf Download (285kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL SKRIPSI.pdf Download (183kB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI.pdf Download (315kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (898kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (425kB) |
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK SHOFA SURYANA 2022. Hubungan kesadaran metakognitif dengan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia (Studi Korelasi di kelas XI MIPA MA Raudlatutta’allum Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kesadaran metakognitif dengan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI MIPA MA Raudlatutta’allum Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik sampling jenuh sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes dan non tes. Tes berupa soal uraian sebanyak 12 butir soal untuk mengukur keterampilan berpikir kritis. Non tes berupa angket MAI (Metacognitif Awarness Inventory) sebanyak 33 butir pernyataan untuk mengukur kesadaran metakognitif. Kesadaran metakognitif dengan keterampilan berpikir kritis diukur dengan menggunkan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya korelasi antara kesadaran metakognitif dengan keterampilan berpikir kritis sebesar 0,67 termasuk kedalam kategori kuat sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara kesadaran metakognitif dengan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI MIPA MA Raudlatutta’allum semester genap tahun ajaran 2021/2022. Kata kunci: kesadaran metakognitif, keterampilan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 07:59 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 07:59 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7131 |
Actions (login required)
View Item |