Rahayu, Elza Puji (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS ASPEK MAKNA STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYUSUN TEKS BIOGRAFI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/ 2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (137kB) |
|
Text
1. pengesahan.pdf Download (88kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (88kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (151kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (162kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (110kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (183kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (887kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
14. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Elza Puji Rahayu. 2022. Pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Menganalisis Aspek Makna Struktur dan Kaidah Kebahasaan serta Menyusun Teks Biografi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/ 2022). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dalam kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik adalah kompetensi dasar 3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi dan menyusun teks biografi tokoh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesignifikanan pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/ 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/ 2022. sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 6 berjumlah 34 orang sebagai kelas eksperimen, dan peserta didik kelas X MIPA 5 berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest dan rata-rata nilai postest dalam kemampuan menganalisis aspek makna struktur dan kaidah kebahasaan serta menyusun teks biografi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 39 dan nilai rata postest sebesar 62 dalam menganlisis aspek makna struktur dan kaidah kebahasaan teks biografi. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 63,7 dan nilai rata postest sebesar 78,3 dalam menyusun teks biografi. Sedangkan nilai rata-rata pretest di kelas kontrol sebesar 32,1 dan nilai rata-rata postest sebesar 44,8 dalam menganlisis aspek makna struktur dan kaidah kebahasaan teks biografi. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 61,4 dan nilai rata-rata postest sebesar 69,6 dalam menyusun teks biograf. Nilai rata-rata di kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Berdasar pada uji wilcoxon diperoleh whitung = 0 < wtabel = 146,84. Artinya model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan menganalisis aspek makna struktur dan kaidah kebahasaan serta menyusun teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/ 2022 sehingga hipotesis penelitian diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 07:00 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 07:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7110 |
Actions (login required)
View Item |