ANALISIS ULANG DAN PERENCANAAN PENGEMBANGAN RUNWAY, TAXIWAY, DAN APRON BANDAR UDARA NUSAWIRU KABUPATEN PANGANDARAN

MUBARAQ, LUTHFI NUZUL (2021) ANALISIS ULANG DAN PERENCANAAN PENGEMBANGAN RUNWAY, TAXIWAY, DAN APRON BANDAR UDARA NUSAWIRU KABUPATEN PANGANDARAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
TUGAS AKHIR revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ANALISIS ULANG DAN PERENCANAAN PENGEMBANGAN RUNWAY, TAXIWAY, DAN APRON BANDAR UDARA NUSAWIRU KABUPATEN PANGANDARAN Luthfi Nuzul Mubaraq1), Herianto2), Hendra3) 1,2,3Program Studi Teknik Sipil Universitas Siliwangi e-mail: luthfiaraleg6@gmail.com ABSTRAK Adanya rencana program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Pangandaran mendorong perubahan status Bandara Nusawiru dari klas 3 menjadi klas 1, maka dari itu akan ditata ulang sesuai masterplan bandara ke Kementerian Perhubungan, Hal ini yang menjadi alasan utama perlunya dilakukan pengembangan di sisi udara mendukung program tersebut. Tahapan perencanaan diawali dengan peramalan pergerakan penumpang dan pesawat pada tahun rencana, Jenis perkerasan yang dipilih untuk runway dan taxiway jenis perkerasan lentur (flexible pavement) dan untuk apron menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement). ICAO Aerodrome Design Manuals (Doc 9157) dijadikan sebagai acuan untuk menentukan geometrik sisi udara. Analisa perbedaan perhitungan dan hasil desain tebal lapisan perkerasan mengacu pada FAA Advisory Circular No.150/5320-6D dan No.150/5320-6F dengan bantuan software FAARFIELD. Kesimpulan didapatkan jenis pesawat rencana yang dijadikan acuan adalah Boeing 737-300, Kebutuhan dimensi pada runway 3444 x 45 m dengan bahu 7,5 m, dimensi taxiway lebar 15 m dengan masing-masing bahu 5 m, dengan luas apron yang dibutuhkan 20.295 m2 . Tebal struktur perkerasan lentur total yang didapat dengan hitungan manual adalah 86,3 cm dan tebal struktur perkerasan menggunakan software FAARFIELD adalah sebesar 61,5 cm. Tebal struktur perkerasan kaku dengan hitungan manual 66,5 cm menggunakan software FAARFIELD 56,4 cm. Saluran berbentuk persegi dengan bahan material beton dipilih menjadi saluran drainase dengan dimensi lebar 160 cm dan tinggi 250 cm. Kata Kunci : Boeing 737-300, Drainase, FAARFIELD, Perkerasan Lentur, Runway, Taxiway, Perkerasan kaku, Apron.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Oct 2022 00:47
Last Modified: 26 Oct 2022 00:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7014

Actions (login required)

View Item View Item