ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI WANKAT-OREOVOCZ DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

MUBAROK, SAM SAM (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI WANKAT-OREOVOCZ DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
CAVAR.pdf

Download (82kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (417kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)

Abstract

ABSTRAK SAM SAM MUBAROK. 2022. ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TEORI WANKAT-OREOVOCZ DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan teori Wankat-Oreovocz ditinjau dari self-efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori WankatOrevocz, penyebaran angket self-efficacy dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket selfefficacy. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 1 Taraju. Penentuan subjek berdasarkan hasil analisis tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan teori Wankat-Oreovocz yang mampu memenuhi tujuh tahapan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori Wankat-Oreovocz, kemudian dikategorikan ke dalam self-efficacy tinggi dan selfefficacy rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori Wankat-Oreovocz, peserta didik dengan self-efficacy tinggi [ ] sudah dapat menumbuhkan keyakinan (I Can), mendefinisikan (Define), mengeksplorasi (Explore), merencanakan (Plan), mengerjakan (Do it), mengoreksi kembali (Check), dan generalisasi (Generalize) dengan tepat dan benar. S3T1 menunjukan optimis dapat menyelesaikan soal dengan benar, gigih dalam berusaha, tidak menunjukan keragu-raguan, percaya pada kemampuan yang dimiliki, suka mencari situasi baru dan S7T2 menunjukan konsisten dalam menyelesaikan masalah, dan sangat percaya diri pada saat menggunakan rumus yang sudah terbiasa digunakan. Sedangkan peserta didik dengan self-efficacy rendah [ ] pada tahapan mengerjakan (Do it) tidak bisa merubah model matematika ke dalam bentuk lain, pada tahapan mengoreksi kembali (Check) dengan cara determinan S19R tidak dapat mensubstitusi koefisien variabel masing-masing persamaan ke dalam matriks dan pada tahapan generalisasi (Generalize) S19R tidak dapat menentukan alternatif jawaban. S19R menunjukan pesimis dapat menyelesaikan soal dengan benar, pada saat menghadapi kesulitan cepat putus asa, sering mununjukan keragu-raguan, tidak percaya pada kemampuan yang dimiliki, dan pada saat menemukan kesalahan kepercayaan dirinya mudah menurun. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Teori Wankat-Oreovocz, Self-Efficacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:27
Last Modified: 09 Sep 2022 08:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6579

Actions (login required)

View Item View Item