BERPIKIR PSEUDO PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT

BUNGSU, PUTRI PAGAR (2022) BERPIKIR PSEUDO PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (465kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

ABSTRAK PUTRI PAGAR BUNGSU, 2022. Berpikir Pseudo Peserta Didik Dalam Memahami Konsep Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan berpikir pseudo peserta didik dalam memahami konsep matematika berdasarkan gaya kognitif field independent dan field dependent. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian eksploratif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes gaya kognitif (GEFT) dan soal tes pemahaman konsep matematis. Peneliti mengambil masingmasing 2 orang peserta didik berdasarkan kriteria gaya kognitif dan berpikir pseudo di kelas XI MIPA 7 MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes gaya kognitif, tes pemahaman konsep matematis dan wawancara. Teknik analisis datanya menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa berpikir pseudo peserta didik field independent dan field dependent dalam memahami konsep matematika, untuk subjek pertama mengalami berpikir pseudo konseptual dan analitik salah karena tidak dapat memberikan pernyataan yang sesuai dengan soal terkait prosedur yang digunakan ketika menyelesaikan masalah, sehingga menghasilkan jawaban akhir salah, tetapi setelah dilakukan refleksi, mampu memperbaiki kesalahannya. Sama halnya dengan subjek keempat, tidak mampu menyatakan ulang sebuah konsep, kurang mampu memberikan penjelasan sesuai dengan konsep persamaan trigonometri mengenai jawaban dia tulis, dan pernyataan yang diberikan tidak sesuai dengan prosedur yang digunakan, sehingga menghasilkan jawaban yang salah. Subjek kedua dan subjek ketiga berpikir pseudo konseptual dan analitik benar, keduanya memberikan jawaban akhir yang benar, namun pernyataan yang diberikan tidak sesuai dengan konsep persamaan trigonometri dan tidak mampu memberikan alasan terkait prosedur yang digunakan. Kata kunci: Berpikir Pseudo, Memahami Konsep, Field Independent, Field Dependent

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:27
Last Modified: 09 Sep 2022 08:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6577

Actions (login required)

View Item View Item