EXPLORING AN IDEOLOGY FROM THE UNIVERSITY OF INDONESIA DIGITAL ADVERTISEMENT: A DISCURSIVE VIEWPOINT

Nisa, Asri Ainun (2021) EXPLORING AN IDEOLOGY FROM THE UNIVERSITY OF INDONESIA DIGITAL ADVERTISEMENT: A DISCURSIVE VIEWPOINT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (281kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)

Abstract

ABSTRAK ASRI AINUN NISA, 2021. “Exploring an Ideology from the University of Indonesia Digital Advertisement: A Discursive Viewpoint”. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor jenis ideologi pendidikan yang secara tidak tidak langsung dimanifestasikan dengan penggunaan bahasa pada iklan institusi pendidikan tersebut. Penelitian ini memfokuskan pada analisis penggunaan bahasa pada iklan. Oleh karena itu, korpus penelitian ini adalah transkripsi tekstual yang diekstrak dari iklan tersebut dan diperoleh data berupa klausa-klausa. Setelah itu, data tersebut dianalisis secara holistik dengan menggunakan framework analisis oleh Fairclough untuk Critical Discourse Analysis, serta dilakukan analisis secara analitik dengan menggunakan framework Halliday untuk Systemic Functional Linguistics. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat dua aspek penting yang mendasari institusi pendidikan tersebut yaitu pengabdian masyarakat dan humanisasi pendidikan. Berdasarkan ciri-ciri tersebut, dapat disimpulkan bahwa ideologi yang terkandung adalah Ideologi Liberasionisme. Oleh karena itu, hasil dari studi memberikan bukti empiris dan menjadi referensi untuk institusi pendidikan dalam pelaksanaan segala bentuk kegiatan pendidikan. Kata Kunci: Ideology, Advertisement, Critical Discourse Analysis, Systemic Functional Linguistics

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:10
Last Modified: 09 Sep 2022 08:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6484

Actions (login required)

View Item View Item