PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR TEKS NARASI (CERITA FANTASI) DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik kelas VII Semester 1 SMP Negeri 14 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

Gunawan, Rudi (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR TEKS NARASI (CERITA FANTASI) DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik kelas VII Semester 1 SMP Negeri 14 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (885kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)

Abstract

ABSTRAK Rudi Gunawan. 2021. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Teks Narasi (cerita fantasi) dan Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (cerita fantasi) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 14 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur teks narasi (cerita fantasi) dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi dan teknik wawancara, teknik tes dan teknik dokumentasi dengan sumber data peserta didik kelas VII A SMP Negeri 14 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Pada siklus kesatu untuk KD mengidentifikasi unsur teks narasi (cerita fantasi), peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 5 peserta didik (31%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 11 peserta didik (69%), sedangkan untuk KD menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 7 peserta didik (44%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 9 peserta didik (56%). Pada siklus kedua untuk KD mengidentifikasi unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi secara keseluruhan peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Hasil uji statistik Wilcoxon menunjukkan bahwa Whitung (0) < nilai Wtabel (20). Artinya, model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:56
Last Modified: 15 Jul 2022 02:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6373

Actions (login required)

View Item View Item