ILYASA, R GILANG RAHMAN (2021) HUBUNGAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN (STUDI KORELASI DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 4 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2020/ 2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1_COVER.pdf Download (76kB) |
|
Text
2_LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (64kB) |
|
Text
3_PERNYATAAN.pdf Download (136kB) |
|
Text
4_ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text
5_KATA PENGANTAR.pdf Download (145kB) |
|
Text
6_DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (103kB) |
|
Text
7_BAB 1.pdf Download (158kB) |
|
Text
8_BAB 2.pdf Download (454kB) |
|
Text
9_BAB 3.pdf Download (517kB) |
|
Text
10_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
|
Text
11_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
12_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
Abstract
ABSTRAK R GILANG RAHMAN ILYASA. 2021. Hubungan Keterampilan Generik Sains Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Sub Konsep Pencemaran Lingkungan di kelas X MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/ 2021. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan generik sains (KGS) peserta didik dengan hasil belajar pada sub konsep pencemaran lingkungan di kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasi dengan populasi seluruh kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari sebanyak 8 kelas dengan jumlah peserta didik 288 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan sehingga terpilih kelas X MIPA 4 sebagai kelas sampel dalam penelitian. Instrumen keterampilan generik sains yang digunakan terdiri dari 19 soal berbentuk uraian dan tes hasil belajar sebanyak 33 butir soal yang telah tervalidasi ahli dan telah diuji coba instrumen dan disebar dengan menggunakan google form. Teknik analisis data menggunakan uji Regeresi Linier Sederhana dan uji Korelasi Bivariat karena data bersifat normal dan linier, pengolahan data dibantu dengan aplikasi SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukan bahwa ada hubungan antara keterampilan generik sains dan hasil belajar dengan nilai korelasi 0,418 pada kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis penelitian maka simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan Keterampilan Generik Sains (KGS) peserta didik terhadap Hasil Belajar pada sub konsep pencemaran lingkungan di kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Kata Kunci: hasil belajar, keterampilan generik sains dan pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:11 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6332 |
Actions (login required)
View Item |