Prasetyo, Toufan Pandu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN PUISI DAN MENYIMPULKAN MAKNA PUISI DENGAN MEMERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNNYA (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (39kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN TOPAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN .pdf Download (140kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR TOPAN.pdf Download (146kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (23kB) |
|
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (81kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (160kB) |
|
Text
9. DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (85kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (83kB) |
|
Text
11. BAB I PENDAHULUAN REVISI.pdf Download (179kB) |
|
Text
12. BAB II KAJIAN TEORITIS REVISI (TEKS PUISI).pdf Download (328kB) |
|
Text
13. BAB III PROSEDUR PENELITIAN REVISI(TEKS PUISI).pdf Download (433kB) |
|
Text
14. BAB IV Deskripsi Penelitian Terbaru.pdf Restricted to Repository staff only Download (992kB) |
|
Text
15. BAB V SIMPULAN DAN SARAN TOPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
Abstract
ABSTRAK Toufan Pandu Prasetyo. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Pembangun Puisi dan Menyimpulkan Makna Puisi Dengan Memerhatikan Unsur Pembangunnya (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmlaya. Berdasarkan kurikulum 2013 revisi salah satu teks yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII adalah teks puisi. Secara tersirat dalam kurikulum 2013 revisi dinyatakan bahwa peserta didik harus menguasai kompetensi dasar mengidentifikasi unsur-unsur pembangun dan menyimpulkan unsur dan makna teks puisi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kesigtifikanan pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur pembangun dan makna teks puisi berbagai sumber pada peserta didik kelas VIII SMPN 12 Tasikmalaya. Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata pascates hasil pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur pembangun dan menyimpulkan unsur dan makna teks puisi di kelas eksperimen dan di kelas control yang menggunakan model pembelajaran langsung. Nilai rata-rata pascates mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi di kelas eksperimen sebesar 81 dan di kelas kontrol sebesar 65,5, sehingga terjadi perbedaan sebesar 15,5. Nilai rata-rata pascates menyimpulkan unsur dan makna teks puisi di kelas eksperimen sebesar 82,75. Di kelas control sebesar 72,5, sehingga terjadi perbedaan sebesar 10,25 Berdasarkan uji statistik wilcoxon diketahudi bahwa, nilai W hitung (0) < W tabel (50) dalam taraf signifikasi 0,05. Karena W hitung lebih kecil daripada W tabel mengacu pada data tesebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur pembangun dan makna teks puisi di kelas eksperimen dibandingkan dengan metode diskusi di kelas kontrol. Dari pernyataan tersebut, hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini diterima
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 04:41 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 04:41 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6217 |
Actions (login required)
View Item |