HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KONSEP DENGAN KONSISTENSI ILMIAH SISWA PADA MATERI FUNGSI

NURROMDON, SYIFA LUTHFIYANI (2021) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KONSEP DENGAN KONSISTENSI ILMIAH SISWA PADA MATERI FUNGSI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (247kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (381kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (291kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (316kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (303kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (252kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (382kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (542kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (588kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)

Abstract

ABSTRAK Syifa Luthfiyani Nurromdon. 2021. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Dengan Konsistensi Ilmiah Siswa Pada Materi Fungsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan konsep dengan konsistensi ilmiah siswa pada materi fungsi, mengetahui penguasaan konsep siswa pada materi fungsi, dan mengetahui konsistensi ilmiah siswa pada materi fungsi. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Paniis Kabupaten Tasikmalaya. Sampel diambil satu kelas dari kelas VIII secara random yaitu terambil kelas VIII-D sebanyak 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes yang terdiri dari 15 soal dan terbagi kedalam 5 konsep berbeda yaitu konsep gradien, nilai fungsi, titik potong, himpunan penyelesaian dan persamaan fungsi. Instrumen tes yang digunakan telah melewati uji validitas serta menunjukkan reliabilitas sebesar 0,745. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment dan hasilnya menunjukkan terdapat hubungan antara penguasaan konsep dengan konsistensi ilmiah siswa dengan besar koefisien korelasi 0,9477 dan tingkat korelasinya sangat kuat. Hal ini menunjukkan bahwa proses penanaman konsep selama pembelajaran berperan penting dalam membentuk konsistensi ilmiah siswa. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa penguasaan konsep pada materi fungsi belum dikuasai oleh siswa, dikarenakan hanya 14,3% yang tuntas materi tersebut. Konsistensi ilmiah yang ditunjukkan juga masih berada pada kategori tidak konsisten dengan nilai rata-rata sebesar 0,50. Temuan dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa soal konteks cerita memiliki peluang sebagai pendekatan baru dalam mengajarkan materi fungsi. Kata Kunci: Penguasaan Konsep, Konsistensi Ilmiah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Jun 2022 06:56
Last Modified: 29 Jun 2022 06:56
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6152

Actions (login required)

View Item View Item