NURROMDON, SYIFA LUTHFIYANI (2021) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KONSEP DENGAN KONSISTENSI ILMIAH SISWA PADA MATERI FUNGSI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (247kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (350kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (381kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (291kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (302kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (316kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (303kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (252kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (170kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (382kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (542kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (588kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
Abstract
ABSTRAK Syifa Luthfiyani Nurromdon. 2021. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Dengan Konsistensi Ilmiah Siswa Pada Materi Fungsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan konsep dengan konsistensi ilmiah siswa pada materi fungsi, mengetahui penguasaan konsep siswa pada materi fungsi, dan mengetahui konsistensi ilmiah siswa pada materi fungsi. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Paniis Kabupaten Tasikmalaya. Sampel diambil satu kelas dari kelas VIII secara random yaitu terambil kelas VIII-D sebanyak 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes yang terdiri dari 15 soal dan terbagi kedalam 5 konsep berbeda yaitu konsep gradien, nilai fungsi, titik potong, himpunan penyelesaian dan persamaan fungsi. Instrumen tes yang digunakan telah melewati uji validitas serta menunjukkan reliabilitas sebesar 0,745. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment dan hasilnya menunjukkan terdapat hubungan antara penguasaan konsep dengan konsistensi ilmiah siswa dengan besar koefisien korelasi 0,9477 dan tingkat korelasinya sangat kuat. Hal ini menunjukkan bahwa proses penanaman konsep selama pembelajaran berperan penting dalam membentuk konsistensi ilmiah siswa. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa penguasaan konsep pada materi fungsi belum dikuasai oleh siswa, dikarenakan hanya 14,3% yang tuntas materi tersebut. Konsistensi ilmiah yang ditunjukkan juga masih berada pada kategori tidak konsisten dengan nilai rata-rata sebesar 0,50. Temuan dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa soal konteks cerita memiliki peluang sebagai pendekatan baru dalam mengajarkan materi fungsi. Kata Kunci: Penguasaan Konsep, Konsistensi Ilmiah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 06:56 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 06:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6152 |
Actions (login required)
View Item |