HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR DENGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 KESETARAAN PAKET C DI KOTA TASIKMALAYA

NURAZIZAH, SITI (2022) HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR DENGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 KESETARAAN PAKET C DI KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (135kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (149kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
7 DAFTAR TABEL.pdf

Download (84kB)
[img] Text
8 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (83kB)
[img] Text
9 BAB 1.pdf

Download (243kB)
[img] Text
10 BAB 2.pdf

Download (417kB)
[img] Text
11 BAB 3.pdf

Download (492kB)
[img] Text
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK SITI NURAZIZAH. 2021. “HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR DENGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 KESETARAAN PAKET C DI KOTA TASIKMALAYA”. Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan antara tuntutan kurikulum 2013 kesetaraan dengan kondisi pembelajaran program Paket C. Keberhasilan implementasi kurikulum 2013 terletak pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran secara optimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan antara kompetensi pedagogik tutor dengan implementasi pembelajaran kurikulum 2013 kesetaraan Paket C di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Cara pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, pengambilan sampel sebanyak 67 orang dari populasi sebanyak 206 orang tutor. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Pengukuran kuesioner menggunakan Skala Likert. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas, lalu uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana. Berdasarkan hasil analisis korelasi sederhana diperoleh nilai sig variabel independen (kompetensi pedagogik) sebesar 0.000, kemudian nilai sig variabel dependen (implementasi pembelajaran Kurikulum 2013 Kesetaraan Paket C) sebesar 0.000, keduanya kurang dari 0.05, ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak, ini mempunyai arti bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik tutor dengan implementasi pembelajaran kurikulum 2013 kesetaraan Paket C di Kota Tasikmalaya. Nilai Pearson Correlation sebesar 0.648, ada pada 0.61 sampai dengan 0.80, sama dengan korelasi kuat, artinya bahwa kompetensi pedagogik tutor dengan implementasi pembelajaran Kurikulum 2013 Kesetaraan Paket C di Kota Tasikmalaya mempunyai hubungan yang erat atau kuat. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kurikulum 2013, Paket C

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:53
Last Modified: 24 Jun 2022 07:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6100

Actions (login required)

View Item View Item