PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAN SERTA MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI MA Cilendek Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019-2020)

Arudiyah, Siti Sarah (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAN SERTA MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI MA Cilendek Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019-2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover skripsi Sarah.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
4. abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (299kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI SARAH.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I ok.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB II ok.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB III hal 46.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka sarah.pdf

Download (187kB)

Abstract

Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas XI di MA Cilendek Tasikmalaya berdasarkan kurikulum 2013 revisi adalah menganalisis dan memproduksi teks eksplanasi. Namun, masih banyak peserta didik yang belum mampu menganalisis dan memproduksi teks eksplanasi dengan benar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MA Cilendek Tasikmalaya tahun ajaran 2019-2020, (2) dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan kemampuan memproduksi teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MA Cilendek Tasikmalaya tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang Penulis gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang Penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik kajian dokumen, teknik wawancara, dan teknik tes dengan sumber data Guru bahasa Indonesia kelas XI MA Cilendek dan peserta didik kelas XI MA Cilendek Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran bahasa Indonesia yang ditetapkan di MA Cilendek Tasikmalaya untuk kelas XI adalah 71. Pada aspek pengetahuan di siklus kesatu 8 peserta didik (40%) belum mencapai KKM dan 12 peserta didik (60%) sudah mencapai KKM. Pada aspek keterampilan di siklus keatu terdapat 4 peserta didik (20%) belum mencapai KKM dan 16 peserta didik (80%) sudah mencapai KKM. Pada siklus kedua aspek pengetahuan dan aspek keterampilan 20 peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan menganalisis dan memproduksi teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI MA Cilendek Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:17
Last Modified: 23 Jun 2022 04:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6089

Actions (login required)

View Item View Item