ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF-ESTEEM

NURHANIFAH, NADIA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF-ESTEEM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN DLL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (977kB)

Abstract

ABSTRAK NADIA NURHANIFAH. 2021. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Ditinjau dari Self-Esteem. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan kemampuan komunikasi matematis dan mengetahui kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi ditinjau dari kategori self-esteem. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode eksplorasi terhadap peserta didik kelas IX IPA 2 di MAN 2 Tasikmalaya. Teknik pengambilan datanya menggunakan think aloud methods. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan komunikasi matematis, angket selfesteem dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal kemampuan komunikasi matematis dan angket self-esteem. Penentuan subjek berdasarkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis yang memenuhi empat indikator kemampuan komunikasi matematis terlepas dari jawaban benar dan salah pada setiap kategori self-esteem, serta dapat memberikan informasi jelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa peserta didik S5TD-T dengan self-esteem tinggi dapat merumuskan strategi penyelesaian, namun tidak dapat menggunakan informasi yang didapatkan dengan tepat serta kesulitan dalam melakukan perhitungan sehingga hasil jawaban yang diberikan kurang tepat karena melakukan kesalahan menggunakan data dan kesalahan teknik. Peserta didik S19-T dengan self-esteem tinggi dapat menjelaskan dan menemukan strategi penyelesaian sehingga dapat menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis dengan tepat pada setiap indikator dan tidak melakukan kesalahan. Peserta didik S4T-R dengan self-esteem rendah kesulitan untuk mempresentasikan ide matematisnya meskipun dapat menyelesaikan tes, namun jawaban masih belum tepat karena melakukan kesalahan teknis. Peserta didik S7-R mampu menyajikan informasi pada soal meskipun tidak lengkap, namun mampu menemukan strategi penyelesaian sehingga dapat menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis dengan tepat pada setiap indikator dan tidak melakukan kesalahan. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Esteem, Kesalahan Penyelesaian soal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 31 May 2022 03:48
Last Modified: 31 May 2022 03:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5824

Actions (login required)

View Item View Item