ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GENDER DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA

CITRA, YUSLINGGA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GENDER DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover Skripweet Citra.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB 1 Skripweet Citra.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB 2 Skripweet Citra.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB 3 Skripweet Citra.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 4 Skripweet Citra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 Skripweet Citra.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB 5 Skripweet Citra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Citra.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK YUSLINGGA CITRA. 2020. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Gender dalam Menyelesaikan Soal PISA. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan literasi matematis peserta didik laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal literasi matematis yang diadopsi dari PISA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplorasi. Pada penelitian ini yang dianalisis adalah kemampuan literasi peserta didik yang ditinjau dari gender.peserta didik yang dijadikan subjek penelitian merupakan 2 orang dengan memiliki kategori rendah, sedang dan tinggi. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas IX di SMP Terpadu Al-Amin Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes kemampuan literasi matematis dan wawancara tak terstruktur.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Kemampuan Literasi pada peserta didik laki-laki dengan kategori rendah hanya mencapai soal level 1, dimana subjek tidak mampu pada level 2 subjek menyelesaikan masalah dengan pemahamannya sendiri tanpa konsep matematika yang pasti. Peserta didik laki-laki kategori sedang mampu mencapai level 3, dimana subjek tidak mampu pada level 4, subjek tidak mampu menggunakan keterampilan yang ia miliki sehingga melakukan kesalahan. Peserta didik laki-laki kategori tinggi mencapai level 5 dimana level 6 tidak mampu melakukan pengonsepan, belum menerapkan pengetahuan dan penguasaan matematika. 2) Kemampuan literasi pada peserta didik perempuan kategori rendah hanya mencapai level 1, dimana level 2 subjek tidak mampu menafsirkan dan mengenali situasi serta tidak terampil dalam perhitungan. Peserta didik perempuan kategori sedang mencapai level 2 dimana level 3 subjek tidak memahami dan menuliskan semua komponen yang ada sehingga sulit dalam memecahkan masalah. Peserta didik perempuan kategori tinggi mencapai level 3, dimana pada level 4 subjek tidak menggunakan keterampilan yang dimilikinya, serta tidak teliti mengakibatkan kesalahan dalam pengonsepan. Kata kunci: Kemampuan Literasi, Gender, PISA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:52
Last Modified: 26 Apr 2022 06:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5630

Actions (login required)

View Item View Item