HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2020/2021)

SYAHID, NADHIFA FIKRI AMALIA (2022) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (44kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (8kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar & Daftar Isi.pdf

Download (540kB)
[img] Text
5. Bab 1.pdf

Download (144kB)
[img] Text
6. Bab 2.pdf

Download (70kB)
[img] Text
7. Bab 3.pdf

Download (669kB)
[img] Text
8. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text
9. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB)

Abstract

ABSTRAK NADHIFA FIKRI AMALIA SYAHID, 2022. HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Dalam proses pembelajaran, kurangnya rasa kepercayaan diri dan motivasi belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan populasi yaitu seluruh kelas XI MIPA dan dipilih sampel sebanyak dua kelas menggunakan purposive sampling dan terpilih kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMAN 6 Tasikmalaya yang berjumlah 68 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket kepercayaan diri sebanyak 33 item pernyataan dan angket motivasi belajar sebanyak 27 item pernyataan. Data dianalisis menggunakan analisis statistik uji korelasi product moment, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,403. (2) terdapat hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,285. (3) terdapat hubungan antara kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai korelasi 0,430. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positifantara kepercayaan diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Kepercayaan diri, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 31 Mar 2022 00:43
Last Modified: 31 Mar 2022 00:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5241

Actions (login required)

View Item View Item