PENGARUH PROSES PELATIHAN TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Survei pada Alumni Program Pembinaan 100 Guru Tahun 2019 – 2020 Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Priangan Timur Sukahaji Kabupaten Ciamis)

FAUZIAH, CICI (2021) PENGARUH PROSES PELATIHAN TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Survei pada Alumni Program Pembinaan 100 Guru Tahun 2019 – 2020 Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Priangan Timur Sukahaji Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (121kB)
[img] Text
4. abstrak.pdf

Download (355kB)
[img] Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (161kB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (188kB)
[img] Text
10. BAB I .pdf

Download (322kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (430kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (614kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
15. daftar pustaka.pdf

Download (302kB)

Abstract

ABSTRAK CICI FAUZIAH. 2021. PENGARUH PROSES PELATIHAN TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (SURVEI PADA ALUMNI PROGRAM PEMBINAAN 100 GURU TAHUN 2019 – 2020 LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PRIANGAN TIMUR SUKAHAJI KABUPATEN CIAMIS). Jurusan Pendidikan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan awal yang penting ditempuh oleh anak. Hal ini dikarenakan pertumbuhan anak usia dini berkembang sangat pesat. Keberhasilan pendidikan usia dini ini, tidak lepas dari peran pendidik atau guru. Kualitas guru dalam pembangunan pendidikan memiliki pengaruh berantai terhadap komponen pendidikan lainnya. Di Indonesia, tutor Pendidikan Anak Usia Dini masih banyak yang belum bergelar sarjana. Salah satu kendala yang dihadapi yaitu keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah untuk mendukung Pendidikan Anak Usia Dini. Upaya menutup kesenjangan antara kompetensi tutor dengan tujuan Pendidikan Anak Usia Dini, maka program pelatihan dapat menjadi solusi bagi tutor yang belum berkualifikasi sebagai tutor Pendidikan Anak Usia Dini. Pentingnya penelitian pada penelitian ini yaitu belum terujinya pelatihan pada program Pembinaan 100 Guru berpengaruh ataukah tidak terhadap kompetensi pedagogik tutor PAUD. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh pelatihan terhadap kompetensi pedagogik tutor. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket kepada 133 tutor PAUD yang merupakan alumni warga belajar program Pembinaan 100 Guru tahun 2019 - 2020. Hasil analisis hipotesis melalui uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pelatihan dengan kompetensi pedagogik dan uji R2 yang menunjukkan bahwa pelatihan memiliki pengaruh sebesar 53,4% sedangkan sisanya sebesar 46,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini diantaranya tingkat pendidikan, tingkat kecerdasan, pengalaman mengajar, pengalaman pelatihan, motivasi, sarana prasarana, dan supervisi sekolah. Simpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelatihan terhadap kompetensi pedagogik. Kata Kunci: Kompetensi, Pedagogik, Pelatihan, PAUD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Mar 2022 15:36
Last Modified: 09 Mar 2022 15:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5036

Actions (login required)

View Item View Item