HASANAH, NUR (2021) NIDN. 0417077804. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (223kB) |
|
Text
5. ABSTARK.pdf Download (543kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (552kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (426kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (513kB) |
|
Text
12. . BAB II.pdf Download (954kB) |
|
Text
13.. BAB III.pdf Download (790kB) |
|
Text
14. . BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) |
|
Text
15. . BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (535kB) |
Abstract
ABSTRAK NUR HASANAH. 2021. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Osborn (Penelitian di Kelas VIII Tahun Ajaran 2019/2020 SMP Negeri 8 Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik dan disposisi matematik peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Osborn pada materi persamaan linier dua variabel. Penelitian ini menggunakan metode pre experiment dan dilaksanakan di SMP Negeri 8 Tasikmalaya, populasi sebanyak 11 kelas dan diambil sampel dengan menggunakan teknik sampel random, terpilih kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir keratif matematik dilakukan pengambilan data dengan teknik pretest-posttest dan disposisi matematik berupa angket. Data penelitian diolah nilai gain ternomalisasi dan dilakukan uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-satu pihak pada taraf α=0,05. Hasil analisis menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Osborn dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik. Lebih lanjut, berdasarkan rata-rata nilai gain ternormalisasi yang mencapai 0,71 maka hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Osborn dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik. Hasil skor disposisi matematik menunjukan bahwa disposisi matematik berada pada kategori yang positif, karena skor disposisi matematik menunjukan kategori baik. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Osborn mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik peserta didik. Kata Kunci: Disposisi Matematik, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik, Model Pembelajaran Osborn.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 07:46 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 07:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4840 |
Actions (login required)
View Item |