HARDHIAMI, KISTIARA AJENG (2020) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA KONSEP VIRUS (Studi Eksperimen di Kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER SKRIPSI.pdf Download (23kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (185kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (40kB) |
|
Text
07 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (144kB) |
|
Text
08 BAB II LANDASAN TEORITIS.pdf Download (410kB) |
|
Text
09 BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
10 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) |
|
Text
11 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) |
Abstract
ABSTRAK KISTIARA AJENG HARDHIAMI. 2020. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik yang Proses Pembelajarannya Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) pada Konsep Virus (Studi Eksperimen di Kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) pada konsep virus di Kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Oktober 2019. Metode Penelitian yang digunakan adalah true experimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 7 kelas. Sampel yang digunakan sebayak dua kelas, yaitu X MIA 6 sebagai kelas eksperimen I dan X MIA 7 sebagai kelas eksperimen II yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data berupa tes kemampuan pemecahan masalah menggunakan instrumen kemampuan pemecahan masalah materi virus sebanyak 11 butir soal. Data hasil penelitan dianalisis menggunakan Uji t Sampel Independen dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, pengumpulan data, dan uji hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) pada konsep virus di kelas X MIA MAN 2 Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Pemecahan Masalah, Virus
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 02:11 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 02:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4587 |
Actions (login required)
View Item |