ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF DAN DISPOSISI MATEMATIS

ASTUTI, LIANI PUJI (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF DAN DISPOSISI MATEMATIS. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (53kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
4. kata pengantar, daftar isi, daftar tabel.pdf

Download (291kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (582kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (518kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

ABSTRAK LIANI PUJI ASTUTI (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif dan Disposisi Matematis. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif-impulsif dan disposisi matematis. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian meliputi peneliti itu sendiri dan instrumen pendukung meliputi angket disposisi matematis, soal tes Matching Familiar Figures Test (MFFT), soal tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan wawancara tidak terstruktur. Subjek diambil dari siswa kelas XI IPA 2 sebanyak 4 orang. Hasil dari penelitian ini: Subjek yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang memenuhi indikator yaitu mampu menuliskan dan menggambar informasi, menganalisis informasi serta memberikan alasan yang mendukung dengan tepat, mengetahui letak kesalahan pada suatu permasalahan dan membuktikan kebenaran permasalahan dengan tepat tetapi pada salah satu pernyataan subjek keliru dalam menganalisis kebenaran suatu pernyataan. Pada saat dilakukan wawancara, subjek dapat menjawab benar pernyataan yang sempat dijawab keliru, kendala kurangnya waktu pada saat pengerjaan hal ini sesuai dengan karakter gaya kognitif reflektif dimana subjek cenderung memiliki karakteristik lambat dalam menjawab masalah, tetapi cenderung cermat atau teliti sehingga jawaban cenderung benar selain itu jika ditinjau dari disposisi tinggi dan sedang yaitu berusaha memahami dengan baik yaitu bersikap terbuka, dan selalu menggunakan sumber yang terpercaya. Sedangkan yang subjek yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang hanya memenuhi indikator mampu menuliskan dan menggambar informasi, menganalisis informasi serta memberikan alasan yang mendukung dengan tepat. Kekeliruan disebabkan subjek terlalu terburu-buru, kurang teliti dalam mengerjakan soal kemampuan berpikir kritis matematis, dan kurang memahami materi, dan pada saat dilakukan wawancara pada indikator kejelasan (clarity) dan alasan (reason) subjek tidak dapat menjelaskan dan memperbaiki kekeliruannya hal ini sesuai dengan karakter gaya kognitif impulsif dimana subjek cenderung memiliki karakteristik cepat dalam menjawab masalah tetapi tidak cermat atau teliti sehingga jawaban cenderung salah. Dari hasil analisis tersebut dapat terlihat juga karakter subjek disposisi matematis sedang dan rendah rendah tidak berusaha memahami materi dengan baik hanya mencoba menghafal materinya. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Disposisi Matematis, Reflektif-Impulsif

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:24
Last Modified: 08 Feb 2022 04:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4505

Actions (login required)

View Item View Item