PRE-SERVICE ESP TEACHER’S IDENTITY CONSTRUCTION DURING TEACHING PRACTICUM PROGRAM

AHMAD, REZA FAUZI (2021) PRE-SERVICE ESP TEACHER’S IDENTITY CONSTRUCTION DURING TEACHING PRACTICUM PROGRAM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1-COVER.pdf

Download (115kB)
[img] Text
2-APPROVAL SHEET.pdf

Download (424kB)
[img] Text
3-APPROVAL SHEET ALL EXAMINERS.pdf

Download (112kB)
[img] Text
4-SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
5-ABSTRAK.pdf

Download (62kB)
[img] Text
6-ABSTRACT.pdf

Download (116kB)
[img] Text
7-PREFACE.pdf

Download (84kB)
[img] Text
8-ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (116kB)
[img] Text
9-TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (87kB)
[img] Text
10-LIST OF FIGURES.pdf

Download (28kB)
[img] Text
11-LIST OF TABLES.pdf

Download (29kB)
[img] Text
12-LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (30kB)
[img] Text
13-CHAPTER 1.pdf

Download (133kB)
[img] Text
14-CHAPTER 2.pdf

Download (185kB)
[img] Text
15-CHAPTER 3.pdf

Download (203kB)
[img] Text
16-CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
17-CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
18-REFERENCES.pdf

Download (99kB)

Abstract

ABSTRAK REZA FAUZI AHMAD. 2021. “Pre-Service ESP Teacher’s Identity Construction during Teaching Practicum Program”. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali identitas guru yang dibangun oleh guru ESP prajabatan setelah dua bulan mengikuti program praktikum mengajar. Dalam pengumpulan data, penelitian ini melibatkan satu mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris yang telah melaksanakan praktikum mengajar di sekolah menengah kejuruan di Tasikmalaya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara yang bersifat semi terstruktur, kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik yang dikemukakan oleh (Braun & Clarke, 2006). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga hal yang muncul ketika praktikum mengajar: (1) menjadi guru yang berfikiran terbuka dan ramah, (2) orang yang fleksibel dengan memposisikan diri baik sebagai siswa maupun guru, dan (3) ikut terlibat dalam interaksi komunitas. Namun, pendekatan pembelajaran Bahasa Inggris yang digunakan bukan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu, tapi Bahasa Inggris umum. Di akhir pembahasan, penelitian ini mendiskusikan saran bagi penelitian selanjutnya untuk memperluas isu ini dengan menggunakan teori identitas yang lebih spesifik mengarah pada identitas guru ESP. Kata kunci: identitas guru, guru ESP pra-layanan, praktikum mengajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Feb 2022 07:30
Last Modified: 03 Feb 2022 07:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item