Adila, Aulya (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENULIS SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Bekasi Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
LEMBAR PENGESAHAN dan lain lain.pdf Download (623kB) |
|
Text
BAB 1 FIX.pdf Download (284kB) |
|
Text
BAB 2 FIX.pdf Download (601kB) |
|
Text
BAB 4 FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5 FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
BAB 3 FIX.pdf Download (676kB) |
Abstract
ABSTRAK Aulya Adila. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Menelaah Unsur-Unsur dan Kebahasaan Serta Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Bekasi Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Pembelajaran yang berbasis teks merupakan tuntutan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Teks yang dipelajari pada jenjang SMP kelas VII berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi di antaranya deskripsi, cerita fantasi, prosedur, laporan observasi, puisi rakyat, cerita rakyat, surat pribadi dan surat dinas, literasi. Salah satu Kompetensi Dasar yang harus dicapai peserta didik kelas VII yaitu 3.11 Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan surat pribadi dan surat dinas dan 3.12 yaitu Menulis surat pribadi dan surat dinas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesignifikanan pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan menelaah unsur-unsur dan kebahasaan serta menulis surat pribadi dan surat dinas pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kota Bekasi tahun ajaran 2019/2020. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa penelitian yang penulis laksanakan berhasil dengan baik. Keberhasilan ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai dari tes awal (Pretest) hingga tes akhir (Posttest) terutama pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model Ekspositori yang dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest menelaah unsur-unsur dan kebahasaan surat pribadi dan surat dinas di kelas eksperimen sebesar 88 sedangkan di kelas kontrol sebesar 72,4, sehingga terjadi perbedaan sebesar 15,6. Dan nilai rata-rata posttest menulis surat pribadi dan surat dinas di kelas eksperimen sebesar 90,5 sedangkan di kelas kontrol sebesar 80,1, sehingga terjadi perbedaan sebesar 10,4. Berdasarkan perhitungan data tersebut, penulis melaksanakan uji beda menggunakan Uji W (wilcoxon), diketahui bahwa dalam pembelajaran menelaah unsur-unsur dan kebahasaan surat pribadi dan surat dinas diperoleh hasil Whitung (0) < (lebih kecil) daripada nilai Wtabel taraf signifikansi 0,01 (32) = 126,26 dan dalam pembelajaran menulis surat pribadi dan surat dinas diperoleh hasil Whitung (0) < (lebih kecil) daripada nilai Wtabel taraf signigikansi 0,01 (32) = 126,26. Dengan demikian, model pembelajaran Think Pair Share efektif berpengaruh secara signifikann dalam pembelajaran menelaah unsur-unsur dan kebahasaan serta menulis surat pribadi dan surat dinas pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kota Bekasi tahun ajaran 2019/2020. Dari pernyataan tersebut, hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 01:11 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 01:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/4372 |
Actions (login required)
View Item |