NURLATIFAH, DEDEH (2019) THE ANALYSIS OF YOUNG LEARNERS’ MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER & APPROVAL.pdf Download (193kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (80kB) |
|
Text
3. Preface & Table of Contents.pdf Download (122kB) |
|
Text
4. Chapter I, II, III.pdf Download (151kB) |
|
Text
5. CHAPTER IV.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
|
Text
6. CHAPTER V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
|
Text
7. REFERENCES.pdf Download (9kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memotivasi pembelajar muda untuk belajar bahasa Inggris. A cross-sectional survey design digunakan dalam penelitian ini dengan partisipan 28 siswa kelas IV, 30 siswa kelas V, dan 36 siswa kelas VI di salah satu sekolah dasar di Tasikmalaya. Data penelitian berupa hasil kuesioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang memotivasi pembelajar muda untuk belajar bahasa Inggris meliputi intrinsic value, extrinsic value, dan attainment value. Pertama, intrinsic value meliputi upaya dan sikap positif siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Upaya siswa untuk belajar bahasa Inggris ditunjukkan dengan belajar bahasa Inggris di kelas dengan sungguh-sungguh, bertanya kepada guru atau siswa lain ketika menemukan materi yang sulit dipahami, dan mengerjakan PR atau tugas bahasa Inggris sesuai jadwal yang direncanakan sebelumnya. Sedangkan, sikap positif siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris dibuktikan dengan pernyataan suka belajar bahasa Inggris dan merasa senang ketika belajar bahasa Inggris. Kedua, extrinsic value meliputi keinginan siswa untuk mendapatkan nilai yang bagus dalam mata pelajaran bahasa Inggris, keinginan untuk mampu membaca teks-teks bahasa Inggris, dan keinginan untuk mampu berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Ketiga, attainment value meliputi pemahaman siswa tentang pentingnya belajar bahasa Inggris. Kata Kunci : Motivasi, Belajar Bahasa Inggris, Pembelajar Muda, Cross-Sectional Survey
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Aug 2019 03:55 |
Last Modified: | 14 Aug 2019 03:55 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/329 |
Actions (login required)
View Item |