JULIYANTI, HANNI (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
4. ALHAMDULILLAH REVISIAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematik pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematik. Pemilihan subjek penelitian dilakukan secara purposive sampling dengan mengambil 1 orang peserta didik dari masing – masing kategori akademik tinggi, sedang dan rendah serta komunikatif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan transkip wawancara. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Kesulitan yang paling banyak dialami oleh subjek yaitu pemahaman bahasa matematis yang kurang hal ini dilihat dari subjek yang tidak mampu mengidentifikasi unsur – unsur yang diketahui, ditanyakan serta kecukupan unsur yang dibutuhkan selain itu subjek juga kesulitan dalam menyusun model matematik. Selain itu kesulitan belajar yang dialami oleh subjek yaitu kelemahan dalam menghitung hal ini dilihat dari perhitungan yang tidak lengkap maupun perhitungan yang salah.(2) Penyebab terjadinya kesulitan belajar matematika siswa pada ketiga subjek yang diteliti yaitu faktor pedagogik, kesulitan menggunakan konsep, kurangnya keterampilan operasi aritmetika dan kesulitan menyelesaikan soal cerita.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 03:33 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 03:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/31 |
Actions (login required)
View Item |