PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII MTs Cipasung)

ERNAWATI, DEWI (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII MTs Cipasung). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (14kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (6kB)
[img] Text
3. Kata Pengantar.pdf

Download (119kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (426kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf

Download (673kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf

Download (566kB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan secara signifikan pada kategori sedang kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Knisley serta untuk mengetahui self confidence peserta didik terhadap model pembelajaran Knisley. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VIII MTs Cipasung tahun pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian dipilih berdasarkan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diambil satu kelas secara acak dan terpilih kelas VIII A yang terdiri dari 20 orang peserta didik perempuan dan 20 orang peserta didik laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penetian ini berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan angket untuk mengukur self confidence. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan penyebaran angket self confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Knisley meningkat secara signifikan pada kategori sedang dan self confidence peserta didik terhadap model pembelajaran Knisley termasuk ke dalam kategori sedang. Hasil analisis data diperoleh pada setiap indikator dari self confidence menunjukkan tiga indikator berada pada kategori sedang dan satu indikator berada pada kategori tinggi. Kata kunci: komunikasi matematis, self confidence, model pembelajaran Knisley

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:09
Last Modified: 30 Nov 2021 03:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3075

Actions (login required)

View Item View Item