PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DICOVERY LEARNING (DL) (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Sodonghilir Tasikmalaya)

PERMATASARI, GILANG (2018) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DICOVERY LEARNING (DL) (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Sodonghilir Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR dan DAFTAR ISI - Copy.pdf

Download (331kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (774kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (850kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang lebih baik antara yang menggunakan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan model Discovery Learning (DL). Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sodonghilir Tasikmalaya. Sampel yang diambil dua kelas secara acak (random), terpilih kelas kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah 28 orang dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning (DL) dengan jumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data melakukan tes kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik yang berbentuk uraian sebanyak empat soal. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data serta pengujian hipotesis dengan taraf 5% dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning (DL). Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Model Problem Based Learning (PBL), Model Discovery Learning (DL).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 09:11
Last Modified: 13 Aug 2019 09:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item