PERMATASARI, GILANG (2018) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DICOVERY LEARNING (DL) (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Sodonghilir Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (275kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text
3. KATA PENGANTAR dan DAFTAR ISI - Copy.pdf Download (331kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (271kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (774kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (850kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang lebih baik antara yang menggunakan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan model Discovery Learning (DL). Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sodonghilir Tasikmalaya. Sampel yang diambil dua kelas secara acak (random), terpilih kelas kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah 28 orang dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning (DL) dengan jumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data melakukan tes kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik yang berbentuk uraian sebanyak empat soal. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan dan analisis data serta pengujian hipotesis dengan taraf 5% dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning (DL). Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Model Problem Based Learning (PBL), Model Discovery Learning (DL).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 09:11 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 09:40 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/290 |
Actions (login required)
View Item |