DAMAYANTI, SEPTIANEU TRI (2025) STUDENTS’ STRATEGIES IN ANSWERING LISTENING SECTION OF TELP TEST: A CASE STUDY AT ENGLISH DEPARTMENT. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (255kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (538kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (531kB)
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (343kB)
5. PREFACE.pdf
Download (335kB)
6. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (339kB)
7. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (647kB)
8. CHAPTER 1.pdf
Download (448kB)
9. CHAPTER 2.pdf
Download (466kB)
10. CHAPTER 3.pdf
Download (520kB)
11. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (579kB)
12. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (340kB)
13. REFERENCES.pdf
Download (359kB)
14. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
15. CURRICULUM VITAE (CV).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (229kB)
Abstract
Test of English Language Proficiency (TELP) di sebuah universitas di Tasikmalaya adalah salah satu tes kemampuan bahasa Inggris digunakan sebagai syarat untuk menyelesaikan studi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi mahasiswa pendidikan bahasa Inggris dalam menjawab bagian menyimak TELP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus, dan teknik penelitian studi kasus deskriptif. Partisipan terdiri dari tiga mahasiswa pendidikan bahasa Inggris di sebuah universitas di Tasikmalaya. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Data analisis menggunakan analisis tematik (Braun & Clarke, 2022). Hasil penelitian menunjukan mahasiswa menggunakan strategi- strategi persiapan sebelum tes,diantaranya mereka berlatih menjawab soal bagian menyimak dari buku TOEFL dan IELTS, untuk meningkatkan listening dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris dan menonton video podcast. Mereka juga meminta dukungan dari keluarga dan teman-teman. Sebelum tes TELP dimulai, mereka berdoa dan untuk mengurangi kecemasan dengan menarik napas panjang. Mahasiswa menggunakan strategi ketika menjawab tes, diantaranya strategi memahami pertanyaan, mengidentifikasi kata kunci, strategi mendengarkan pembicara kedua, strategi fokus mendengarkan audio, strategi memahami tata bahasa dalam menyimak seperti mengetahui tenses yang digunakan pembicara, strategi menebak. Strategi mencocokkan apa yang didengar dengan pilihan jawaban yang sesuai, dan memeriksa ulang jawabannya, mereka menggunakan strategi ini untuk meyakinkan jawaban. Penelitian ini bermanfaat untuk mahasiswa yang akan mengikuti tes TELP, dan informasi untuk instruktur TELP terkait strategi menjawab soal bagian menyimak. Selain itu, peneliti di masa depan dapat mengeksplorasi penyebab rendahnya nilai bagian menyimak mahasiswa di tes TELP.
Kata kunci: Tes kemampuan bahasa Inggris, bagian menyimak, Strategi-strategi mahasiswa dalam menjawab bagian menyimak
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 08:11 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 08:11 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2713 |
