PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MATERI PEMANASAN GLOBAL (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

UTIKAH, EUIS (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MATERI PEMANASAN GLOBAL (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (197kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (520kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (499kB)
[img] Text
9 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi pemanasan global di kelas VII SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Mei 2019 di kelas VII SMP Negeri 12 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah true exsperiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya sebanyak 11 kelas, dengan jumlah peserta didik 351 orang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas VII H sebanyak 28 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebanyak 28 orang sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah peserta didik, digunakan instrumen berupa tes keterampilan pemecahan masalah berjumlah 19 butir soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan aplikasi SPSS 23 yaitu uji independent sample t-test dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukan nilai Asymp. Sig (2-tailed)= 0,00. Karena Sig. < 0,05 maka Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi pemanasan global di kelas VII SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Kata kunci: model pembelajaran, group investigation, keterampilan pemecahan masalah, pemanasan global.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 08:48
Last Modified: 13 Aug 2019 09:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item View Item