SAKINAH, WINA (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PLANT AWARENESS DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen di Kelas X SMAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (146kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (166kB)
3. LEMBAR PERNAYATAAN.pdf
Download (144kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (159kB)
5. ABSTRACT.pdf
Download (120kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (173kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (122kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (257kB)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Download (243kB)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (293kB)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (238kB)
12. BAB 1.pdf
Download (194kB)
13. BAB II.pdf
Download (456kB)
14. BAB III.pdf
Download (1MB)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (827kB)
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (121kB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (186kB)
18. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (112kB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk meninjau efektivitas penggunaan media pembelajaran e-modul interaktif sundanese edible plants untuk meningkatkan plant awareness dan literasi digital peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN
2 Kota Tasikmalaya sebanyak 12 kelas dengan jumlah 370 orang peserta didik. Penentuan sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh dua sampel penelitian yaitu kelas X-5 sebanyak 31 orang peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas X-4 sebanyak 31 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen. Model pembelajaran yang digunakan yaitu menggunakan problem based learning. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data plant awareness dan literasi digital peserta didik berupa pilihan ganda dengan
melaksanakan pretest dan posttest. Uji hipotesis menggunakan uji non-parametrik quade’s rank test karena terdapat data yang tidak berdistribusi normal. Hasil uji
hipotesis menunjukan perbedaan yang signifikan dengan nilai signifikansi plant awareness 0,000 dan literasi digital 0,026. Berdasarkan hasil uji efektivitas dilihat dari nilai partial eta squared (η2) untuk plant awareness mencapai nilai 0,224 dengan kategori efek “besar” dan nilai 0,064 untuk literasi digital dengan kategori efek “sedang”. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat efektivitas pada penggunaan e-modul interaktif terhadap plant awareness dan literasi digital peserta didik SMAN 2 Kota Tasikmalaya.
Kata Kunci: E-Modul Interaktif, Sundanese Edible Plants, Plant Awareness, Literasi Digital.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | dewi dewi dewi |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:21 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:21 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/235 |
