Nuraini, Silva (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MUSLIM DALAM MEMILIH JASA PERBANKAN DI BANK KONVENSIONAL (Studi Kasus Di Kelurahan Tuguraja Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (344kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (384kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (319kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (302kB)
5. ABSTRACT.pdf
Download (302kB)
6. PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN.pdf
Download (537kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (542kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (443kB)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (298kB)
10. DAFTAR TABEL.pdf
Download (301kB)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (298kB)
12. BAB I.pdf
Download (651kB)
13. BAB II.pdf
Download (517kB)
14. BAB III.pdf
Download (739kB)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (924kB)
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (303kB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (562kB)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Muslim di Kelurahan Tuguraja dalam memilih jasa perbankan di bank konvensional. Dalam konteks dualisme sistem perbankan di Indonesia, yakni bank konvensional dan bank syariah, ditemukan bahwa masyarakat di wilayah Kelurahan Tuguraja cenderung lebih memilih bank konvensional meskipun lingkungan sekitarnya mendukung perkembangan perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Tuguraja sebanyak 192 responden. Analisis data dan uji hipotesis yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, outer model dan inner model. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji R-Square menunjukkan Analisis dilakukan berdasarkan variabel produk, promosi, proses, dan lokasi memprediksi 84,4% terhadap Minat masyarakat. Hasil penelitian diperoleh variabel lokasi dan proses tidak berpengaruh signifikan terhadap minat. Sedangkan variabel produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat. Masyarakat penting untuk mempertimbangkan tidak hanya kemudahan akses dan pelayanan cepat dari bank konvensional, tetapi juga aspek kepatuhan terhadap prinsip-prinsip syariah dalam kegiatan ekonomi dan keuangan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembangan strategi pemasaran bank syariah agar lebih kompetitif dan adaptif terhadap kebutuhan masyarakat lokal.
Kata Kunci: Perbankan Konvensional, Perbankan Syariah, Minat, dan Marketing Mix
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Pascasarjana > Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Ekonomi > Ekonomi Syariah |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 08:13 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 08:13 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2120 |
