Fitrawati, Fitrawati (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENELAAH UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MENYAJIKAN GAGASAN DALAM BENTUK TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TIPE 5E (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Abror Sukarame Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (96kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (191kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (862kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
Menelaah unsur-unsur pembangun dan menyajikan gagasan dalam bentuk teks puisi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Walaupun demikian, pada kenyataanya peserta didik kelas VIII MTs Al-Abror Sukarame Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 belum mampu menelaah unsur-unsur pembangun dan menyajikan gagasan dalam bentuk teks puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E meningkatkan kemampuan menelaah unsurunsur pembangun dan menyajikan gagasan dalam bentuk teks puisi pada peserta didik kelas VIII MTs Al-Abror Sukarame Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Al-Abror Sukarame Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam pembelajaran menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 8 orang (47,1%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 9 orang (52,9%). Pada pembelajaran menyajikan gagasan dalam bentuk teks puisi terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 7 orang (41,2%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 10 orang (58,8%). Pada siklus kedua hasil belajar peserta didik meningkat karena semua peserta didik telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Artinya, model pembelajaran Learning Cycle tipe 5E dapat meningkatkan kemampuan menelaah unsur-unsur pembangun dan menyajikan gagasan dalam bentuk teks puisi pada peserta didik kelas VIII MTs Al-Abror Sukarame Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 19 May 2020 04:22 |
Last Modified: | 19 May 2020 04:22 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1806 |
Actions (login required)
View Item |