STUDENTS’ PERCEPTION OF LEARNING VOCABULARY USING BOARD RACE GAME: A CASE STUDY IN A JUNIOR HIGH SCHOOL IN INDONESIA

AZHAR, ARIF NUR RACHMAN (2024) STUDENTS’ PERCEPTION OF LEARNING VOCABULARY USING BOARD RACE GAME: A CASE STUDY IN A JUNIOR HIGH SCHOOL IN INDONESIA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (183kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (456kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (79kB)
[img] Text
5. PREFACE.pdf

Download (91kB)
[img] Text
6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (154kB)
[img] Text
7. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (102kB)
[img] Text
8. CHAPTER 1.pdf

Download (149kB)
[img] Text
9. CHAPTER 2.pdf

Download (243kB)
[img] Text
10. CHAPTER 3.pdf

Download (128kB)
[img] Text
11. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
12. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
13. REFERENCES.pdf

Download (185kB)
[img] Text
14. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi siswa terhadap pembelajaran kosakata menggunakan Board Race Game. Selanjutnya untuk mencapai tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif sebagai desain penelitiannya. Partisipan penelitian ini terdiri dari empat siswa di salah satu SMP di Tasikmalaya yang terlibat dalam pembelajaran kosakata menggunakan Broad Race Game. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara semi terstruktur dan analisis data kualitatif dari Braun dan Clarke (2006). Temuannya mengungkapkan bahwa ada enam tema terkait dengan persepsi siswa terhadap pembelajaran kosakata menggunakan Board Race Games, yaitu; (1) Menumbuhkan Motivasi dan Keterlibatan untuk Pembelajaran Seumur Hidup; (2) Menumbuhkan Kegembiraan dan Kepositifan dalam Belajar; (3) Membuka Kunci Bahasa: Strategi Pengembangan Kosakata dan Pengingatan yang Efektif; (4) Kekuatan Tantangan dan Prestasi Pembelajaran; (5) Nilai dan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris di Dunia Global; (6) menyeimbangkan Kemandirian dan Kolaborasi dalam Pembelajaran. Selain itu, permainan ini mendorong lingkungan interaktif dan rendah kecemasan yang kondusif untuk pembelajaran bahasa. Sifatnya yang menyenangkan namun memiliki tujuan meningkatkan retensi, mendukung persiapan ujian, dan membekali peserta dengan keterampilan bahasa praktis untuk konteks akademik, profesional, dan komunikasi global. Kata Kunci: Board Race Game, Persepsi Siswa, Pembelajaran Kosakata

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 25 Feb 2025 01:24
Last Modified: 25 Feb 2025 01:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15266

Actions (login required)

View Item View Item