EFEKTIVITAS PERSONAL BRANDING RIDWAN KAMIL MELALUI INSTAGRAM PADA PEMILIHAN GUBERNUR JAWA BARAT TAHUN 2018

Ferdian, Mohamad Darryl (2024) EFEKTIVITAS PERSONAL BRANDING RIDWAN KAMIL MELALUI INSTAGRAM PADA PEMILIHAN GUBERNUR JAWA BARAT TAHUN 2018. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (190kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (226kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (332kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (143kB)
[img] Text
5. Abstract.pdf

Download (140kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (114kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (153kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (116kB)
[img] Text
9. Daftar Gambar.pdf

Download (122kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (191kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (805kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
15. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (121kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan betapa pentingnya peran Personal Branding Ridwan Kamil melalui Instagram dalam kampanye pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 secara pribadi. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan nilai yang di harapan (gratifications sought) dan nilai yang di terima (gratifications obtained) yang dilakukan oleh Ridwan Kamil pada akun Instagram @ridwankamil konteks Komunikasi Politik. Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa strategi Personal Branding yang diterapkan Ridwan Kamil berhasil membangun citra yang positif dan relevan di media sosial. Penngumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara daring (online). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 29. Adapun indikator yang digunakan pada variabel Efektivitas dan Variabel Sosial Media Instagram yaitu menggunakan indikator motif penggunaan media dari jurnal. Penelitian ini berusaha memaparkan seberapa besar tingkat efektivitas personal branding yang didapatkan oleh followers dari akun @ridwankamil melalui teori Komunikasi Politik, Personal Branding, dengan menggunakan pendekatan uses and gratifications, juga membandingkan antara tingkat efektivitas yang diharapkan (gratifications sought) dan tingkat efektivitas yang diterima (gratifications obtained) oleh followers menggunakan indikator expectancy value theory. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji hipotesis menghasilkan nilai thitung 5.391 >ttabel 1.660 yang artinya terdapat pengaruh efektivitas personal branding terhadap sosial media Instagram. Hasil peneitian ini juga didapati bahwa nilai rata- rata untuk gratifications obtained lebih besar dibandingkan gratifications sought atau GS<GO dengan nilai 3.79<4.29 dengan tingkat Disparency Value sebesar 0.44. Artinya terjadi tingkat efektivitas yang dirasakan oleh followers terhadap Ridwan Kamil dengan nilai yang diterima paling besar pada indikator convenience sebesar 4.29 dan tingkat efektivitas terendah pada indikator entertainment yaitu sebesar 4.13. Berdasarkan analisis yang telah dijelaskan Ridwan Kamil berhasil membangun personal branding yang efektif dalam komunikasi politik dengan menerapkan delapan konsep dari Peter Montoya. Ia menunjukkan spesialisasi dalam kampanye, kepemimpinan yang jelas di Instagram, dan kepribadian yang autentik. Akun instagram @ridwankamil juga menciptakan perbedaan yang signifikan dan konsisten dalam menjaga visibilitasnya. Kesatuan antara kehidupan pribadi dan pesan yang disampaikan terlihat jelas, sementara keteguhan dalam mempertahankan citra positifnya berkontribusi pada nama baik selama kampanye digital. Dengan pendekatan yang terencana, ia sukses membangun citra yang kuat dan positif. Ridwan Kamil berhasil membangun personal branding yang kuat dan efektif melalui pendekatan komunikasi politik yang terencana. Kata Kunci: Pemilihan Gubernur Jawa Barat, Personal Branding, Instagram, Ridwan Kami

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 20 Feb 2025 07:22
Last Modified: 20 Feb 2025 07:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15250

Actions (login required)

View Item View Item