RAHMAN, SILVADIA MAHARANI (2024) THE VOICE OF SILENCE: AN INVESTIGATION FROM EFL STUDENTS THROUGH MODEL OF INTERPRETATION. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
2. APPROVAL SHEETS.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
4. MOTTO.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
6. PREFACE.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
7. ACKNOWLEDGEMENT.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
9. CHAPTER 1.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
10. CHAPTER 2.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
11. CHAPTER 3.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
12. CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
![]() |
Text
13. CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
![]() |
Text
14. REFERENCES.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
15. ENCLOSURES.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sikap diam siswa adalah tantangan yang sering dihadapi oleh guru selama proses pembelajaran. Fenomena ini dianggap sebagai masalah karena kurangnya partisipasi siswa di dalam kelas. Terutama dalam konteks EFL (English as a Foreign Language), partisipasi siswa dapat menunjukkan pemahaman dan kompetensi mereka selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menyelidiki alasan di balik sikap diam siswa dan menafsirkan sikap ini melalui Model of Interpretation dari Kurzon, yang mempertimbangkan niat di balik perilaku tersebut terutama dalam lingkungan pembelajaran yang berpusat pada siswa di mana partisipasi aktif diharapkan. Fenomena ini diamati selama peneliti terlibat dalam Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP), sehingga penelitian ini menggunakan studi kasus sebagai metode penelitian. Selain itu, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan lima siswa SMP. Hasil analisis tematik mengungkapkan bahwa faktor internal dan eksternal berkontribusi terhadap sikap diam siswa. Secara internal, sikap ini disebabkan oleh rasa takut akan membuat kesalahan dan dihakimi, kurangnya kepercayaan diri, demotivasi, dan ketidaktahuan. Secara eksternal, tekanan teman sebaya dan hambatan respons menjadi faktor yang signifikan. Temuan menunjukkan bahwa sikap diam siswa bisa bersifat disengaja atau tidak disengaja, yang menunjukkan bahwa guru sebaiknya tidak menafsirkan keheningan secara harfiah karena dapat memiliki berbagai makna. Memahami berbagai makna di balik diamnya siswa dapat menghasilkan strategi pengajaran yang lebih efektif dan meningkatkan keterlibatan siswa. Kata Kunci: Diamnya siswa, siswa EFL, Model of Interpretation
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 03:58 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 03:58 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15243 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |