FAUZIYAH, DIAH NUR (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 1 Ciawigebang Tahun Ajaran 2024/2025). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR - DAFTAR.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
9. BAB 1.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
10. BAB 2.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
11. BAB 3.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
![]() |
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
![]() |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik yang ada di SMAN 1 Ciawigebang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan media scrapbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian menggunakan Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-C SMAN 1 Ciawigebang pada tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 180 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI-C1 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-C2 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada model pembelajaran project based learning berbantuan media scrapbook dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, dimana pada uji hipotesis memperoleh nilai Sig 0.000 < 0,05 yang artinya bahwa Ha diterima. Rata-rata skor pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model project based learning berbantuan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: project based learning, scrapbook, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 03:17 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 03:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |