NURFAJAR, ITSNY MARYAM (2024) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK & ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
8. BAB 1.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
9. BAB 2.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
10. BAB 3.pdf Download (738kB) |
![]() |
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
![]() |
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai oleh peserta didik. Banyak yang beranggapan bahwa untuk mendapatkan hasil belajar yang baik harus dibekali dengan kecerdasan intelektual (Intellegence Quotient), sedangkan hasil belajar yang baik bukan hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektualnya saja, banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar yang salah satunya adalah kecerdasan emsoional dan kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan kemandirian belajar peserta didik terhadap hasil belajar biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya dan sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4 sebanyak 76 peserta didik yang diambil secara purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket kecerdasan emosional hasil adaptasi dari The Schutte Self Report Emotional Intellegence Test (SSEIT) sebanyak 24 pernyataan, angket kemandirian belajar sebanyak 17 pernyataan dan skor Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk instrumen hasil belajar. Penelitian ini menggunakan analisis statistik uji korelasi Pearson product-moment dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (i) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,574 dengan tingkat korelasi yang sedang. (ii) terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,510 dengan tingkat korelasi yang rendah. (iii) terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,657 dengan tingkat korelasi yang kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan kemandirian belajar peserta didik dengan hasil belajar biologi di Kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya. Kata Kunci: kecerdasan emosional; kemandirian belajar; hasil belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 01:50 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 01:50 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15199 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |