ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN PELAKU UMKM TENTANG BANK SYARIAH DI PASAR MANONJAYA

AISYAH, DARA ISTIA (2024) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN PELAKU UMKM TENTANG BANK SYARIAH DI PASAR MANONJAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (192kB)
[img] Text
2. pengesahan.pdf

Download (69kB)
[img] Text
3. pernyataan.pdf

Download (59kB)
[img] Text
4. abstrak.pdf

Download (261kB)
[img] Text
5. kata pengantar.pdf

Download (154kB)
[img] Text
6. pedoman literasi.pdf

Download (166kB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (171kB)
[img] Text
8. bab 1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
9. bab 2.pdf

Download (441kB)
[img] Text
10. bab 3.pdf

Download (252kB)
[img] Text
11. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
12. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
13. daftar pusaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman pelaku UMKM tentang bank syariah seharusnya diharapkan dapat mengatasi praktik-praktik keuangan yang mengandung unsur maysir, gharar dan riba. Namun meskipun mayoritas pelaku UMKM adalah muslim insklusi keuangan syariah ternyata masih dikatakan rendah. Dari studi pendahuluan yang telah dilakukan kepada 30 orang pelaku UMKM, 77% bukan nasabah bank syariah dan hanya 23% saja yang menjadi nasabah bank syariah, padahal di Pasar Manonjaya terdapat bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman pelaku UMKM tentang bank syariah di Pasar Manonjaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik triangulasi. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan penyebaran kuesioner kepada 100 pelaku UMKM. Tingkat pemahaman diukur menggunakan tujuh indikator: menafsirkan, memberi contoh, mengklasifikasikan, meringkas, menyimpulkan, membandingkan, dan menjelaskan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemahaman pelaku UMKM tentang bank syariah di Pasar Manonjaya rata-rata berada pada kategori "cukup paham" dengan persentase sebesar 53,57% dari 100 responden. Distribusi pemahaman responden meliputi: 2% dengan 2 orang sangat paham, 27% dengan 27 orang paham, 58% dengan 58 orang cukup paham, 6% dengan 6 orang kurang paham, dan 7% dengan 7 orang tidak paham. Responden memahami prinsip dasar bank syariah, seperti larangan riba dan konsep bagi hasil, tetapi masih kesulitan memahami produk dan akad dalam bank syariah. Tingkat pemahaman pelaku UMKM tentang bank syariah di Pasar Manonjaya masih perlu ditingkatkan, terutama dalam aspek pemahaman produk dan akad syariah. Promosi dari pihak bank syariah diperlukan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah. Dengan peningkatan pemahaman ini, pelaku UMKM diharapkan dapat memanfaatkan layanan bank syariah secara optimal, yang pada akhirnya dapat mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis syariah. Kata Kunci: Tingkat Pemahaman, Bank Syariah, Pelaku UMKM

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Feb 2025 01:23
Last Modified: 18 Feb 2025 01:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15197

Actions (login required)

View Item View Item