INDRIYANI, DILA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, AND SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
9. BAB I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
10. BAB II.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
11. BAB III.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) di kelas XI SMA Negeri 8 Taskmalaya. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI-6, XI-7 dan XI-8, dan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 2 kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI-8 sebagai kelas eksperimen dan XI-7 sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel nonprobability sampling. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) pada materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, dimana nilai rata-rata posttest lebih unggul dibandingkan dengan rata-rata posttest yang pada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Hasil Belajar, Assurance Relevance Interest Assesment and Satisfaction
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 06:19 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 06:19 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15153 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |