PUTTING LITERACY INTO PRACTICE TO DEVELOP READING INTEREST OF INDONESIAN STUDENTS’ : A CASE STUDY

RAHIMANISA, DERMA (2024) PUTTING LITERACY INTO PRACTICE TO DEVELOP READING INTEREST OF INDONESIAN STUDENTS’ : A CASE STUDY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. LEMBAR REVISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. MOTTO.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa di salah satu sekolah SMP di Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif sebagai desain penelitian. Peserta penelitian berjumlah empat orang yang terdiri dari wakil kepala sekolah, dua guru dan tim literasi. Mereka telah terlibat menjadi penggiat literasi selama lebih dari 5 tahun. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara semi terstruktur dan menggunakan analisis data kualitatif. Temuan mengungkapkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi sekolah sudah berjalan sesuai dengan pedoman gerakan literasi sekolah yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mencakup 3 tahap yaitu tahap pembiasaan melakukan kegiatan membaca 30 menit dan penumbuhan iklim literasi sekolah, tahap pengembangan melakukan menanggapi buku bacaan secara lisan maupun tulisan, dan mengembangkan lingkungan sosial dan afektif, dan terakhir tahap pembelajaran melakukan strategi untuk memahami teks dalam mata pelajaran, tim literasi sekolah, dan pelibatan publik. Dengan melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah maka minat membaca peserta didik menjadi meningkat. Kata kunci: Program Gerakan Literasi, Minat Baca, Tahap Pembiasaan, Tahap Pengembangan, Tahap Pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Feb 2025 03:47
Last Modified: 14 Feb 2025 03:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15150

Actions (login required)

View Item View Item