PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS XII MIPA-6 SMAN 1 CIHAURBEUTI TAHUN AJARAN 2024/2025

JANAH, DEVI NURUL (2024) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS XII MIPA-6 SMAN 1 CIHAURBEUTI TAHUN AJARAN 2024/2025. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
03. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
04. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
05. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
06. ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
07. ABSTRACT.pdf

Download (9kB)
[img] Text
08. KATA PENGANTAR.pdf

Download (10kB)
[img] Text
09. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (16kB)
[img] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (27kB)
[img] Text
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (28kB)
[img] Text
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (30kB)
[img] Text
14. BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
15. BAB II.pdf

Download (108kB)
[img] Text
16. BAB III.pdf

Download (159kB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
20. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model cooperative learning tipe Team Games Tournament (TGT) pada pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas XII MIPA-6 SMAN 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naturalistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model cooperative tipe Team Games Tournament yang disiapkan pendidik adalah pembuatan RPP dan media pembelajaran, (2) proses pembelajaran dengan menggunakan model cooperative tipe Team Games Tournament dilakukan melalui langkah penyajian kelas, kegiatan kelompok, permainan (games), pertanding (tournament), dan pemberian penghargaan, (3) kelebihan penggunaan model ini yaitu dapat meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran, dalam berkolaborasi dengan teman sekelompoknya, dan mendapat pemahaman baru dari sesama peserta didik, kekurangan penggunaan model ini, yaitu terletak pada sedikit ramai dan berisiknya kelas, masih adanya peserta didik yang pasif karena memang karakternya seperti itu, dan perlunya dukungan lebih terkait skill guru, fasilitas, alat dan biaya. Kata kunci: Model Cooperative Learning, Team Games Tournament (TGT) Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:36
Last Modified: 12 Feb 2025 07:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15121

Actions (login required)

View Item View Item