JANAH, DEVI NURUL (2024) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS XII MIPA-6 SMAN 1 CIHAURBEUTI TAHUN AJARAN 2024/2025. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
03. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
04. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
05. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
06. ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
07. ABSTRACT.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
08. KATA PENGANTAR.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
09. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
10. DAFTAR ISI.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
14. BAB I.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
15. BAB II.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
16. BAB III.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
![]() |
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
![]() |
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
20. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model cooperative learning tipe Team Games Tournament (TGT) pada pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas XII MIPA-6 SMAN 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode naturalistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model cooperative tipe Team Games Tournament yang disiapkan pendidik adalah pembuatan RPP dan media pembelajaran, (2) proses pembelajaran dengan menggunakan model cooperative tipe Team Games Tournament dilakukan melalui langkah penyajian kelas, kegiatan kelompok, permainan (games), pertanding (tournament), dan pemberian penghargaan, (3) kelebihan penggunaan model ini yaitu dapat meningkatkan partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran, dalam berkolaborasi dengan teman sekelompoknya, dan mendapat pemahaman baru dari sesama peserta didik, kekurangan penggunaan model ini, yaitu terletak pada sedikit ramai dan berisiknya kelas, masih adanya peserta didik yang pasif karena memang karakternya seperti itu, dan perlunya dukungan lebih terkait skill guru, fasilitas, alat dan biaya. Kata kunci: Model Cooperative Learning, Team Games Tournament (TGT) Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 07:36 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 07:36 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15121 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |