STUDENTS’ BEHAVIORAL ENGAGEMENT IN LEARNING ENGLISH: A CASE STUDY IN AN ELEMENTARY SCHOOL

SUMAYYAH, IFFAH (2024) STUDENTS’ BEHAVIORAL ENGAGEMENT IN LEARNING ENGLISH: A CASE STUDY IN AN ELEMENTARY SCHOOL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. LEMBAR REVISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ketertarikan siswa pada kegiatan belajar dan mengajar sangatlah penting untuk diperhatikan. Karena ketertarikan siswa pada suatu pembelajaran khususnya bahasa inggris akan berpengaruh terhadap pencapaian dari pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlibatan perilaku siswa sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa inggris. Metode penelitian menggunakan studi kasus deskriptif. Partisipan terdiri dari seluruh siswa kelas lima dalam penelitian dengan menggunakan teknik observasi. Kemudian siswa akan diambil sebanyak tiga orang siswa yang terlihat ketertarikannya tinggi dan yang ketertarikannya rendah di salah satu sekolah dasar di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan interview. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi yang kemudian akan dilakukan wawancara semi terstruktur. Data dianalisis dengan analisis tematik (Braun & Clarke, 2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan terlibat secara behaviour dalam pembelajaran bahasa inggris. Hasil tersebut adalah; (1) Ketepatan waktu dan komitmen; (2) Partisipasi aktif dan interaksi; (3) Usaha dan fokus dalam belajar; (4) Pembelajaran dan klarifikasi yang proaktif; (5) Kenyamanan dan ketaatan terhadap dinamika kelas. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyimpulkan bahwa partisipan terlibat dalam pembelajaran bahasa inggris yang dilihat dari perilaku mereka. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk menekankan keterlibatan dengan perilaku siswa sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa inggris. Kata kunci: Perilaku Siswa, Bahasa Inggris, Pengajaran Bahasa Inggris Pada Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:29
Last Modified: 12 Feb 2025 07:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15114

Actions (login required)

View Item View Item