THE USE OF TPR IN TEACHING VOCABULARY TO YOUNG LEARNERS: A VIEW FROM VAK LEARNING STYLE

DAMAYANTI, SOFIA (2024) THE USE OF TPR IN TEACHING VOCABULARY TO YOUNG LEARNERS: A VIEW FROM VAK LEARNING STYLE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (185kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (209kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
4. PERSONAL PAGE (MOTTO).pdf

Download (88kB)
[img] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (162kB)
[img] Text
6. PREFACE.pdf

Download (45kB)
[img] Text
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (50kB)
[img] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (47kB)
[img] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (109kB)
[img] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (144kB)
[img] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (147kB)
[img] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (152kB)
[img] Text
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sejumlah penelitian telah menunjukkan penggunaan metode Total Physical Response (TPR) dalam meningkatkan kosa kata siswa. Namun, penelitian yang mengivestigasi penggunaan TPR dalam pengajaran kosakata kepada anak-anak yang dikolaborasikan dengan gaya belajar siswa sangat terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji untuk memahami secara utuh bagaimana guru menerapkan TPR dalam pembelajaran di kelas yang dikolaborasikan dengan gaya belajar VAK. Partisipan yang dituju dalam penelitian ini adalah seorang guru kursus Bahasa Inggris asal Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik, temuan penelitian menunjukkan bahwa partisipan: (1) menerapkan TPR yang dikombinasikan dengan pembelajaran visual kinestetik, dimulai dengan menunjukkan kartu gambar atau foto yang harus dicocokkan oleh siswa dengan gerakan. Partisipan meningkatkan kosakata dengan menggabungkan kegiatan menyenangkan seperti miming dan permainan miming, yang mendorong gerakan fisik; (2) menerapkan TPR yang dikombinasikan dengan gaya belajar auditori kinestetik dengan mulai mengatur siswa dan menarik perhatian mereka menggunakan hitungan mundur, serta menggunakan lagu yang dipadukan dengan gerakan; (3) menerapkan TPR yang dikombinasikan dengan gaya belajar VAK dengan menggunakan video pendek tentang rutinitas sehari-hari anak-anak untuk mengajarkan kosakata, dengan jeda di bagian penting untuk fokus pada kata-kata dan maknanya, serta meminta siswa untuk menirukan tindakan dari video tersebut. Kata Kunci: Total Physical Response, Gaya Belajar VAK, Kosakata Bahasa Inggris, Pelajar Muda

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:29
Last Modified: 12 Feb 2025 07:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15113

Actions (login required)

View Item View Item