PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN MONEY AVAILABILITY TERHADAP IMPULSE BUYING MAHASISWA MELALUI SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2020-2022)

SAPUTRA, NURJANAH DEA (2024) PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN MONEY AVAILABILITY TERHADAP IMPULSE BUYING MAHASISWA MELALUI SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2020-2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (212kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (355kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (404kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (406kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (218kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (238kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (397kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (548kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan perilaku impulse buying yang terjadi pada mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2020-2022 di Tasikmalaya. Tujuannya guna untuk mengetahui pengaruh dari konformitas teman sebaya dan money availability terhadap impulse buying mahasiswa melalui self control sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei, dengan desain penelitian eksplanatori (explanatory research design), serta teknik pengumpulan datanya menggunakan data dengan kuesioner (angket). Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2020-2022 dengan total 364 orang. Diperoleh sampel untuk Angkatan 2020 berjumlah 61 orang, angkatan 2021 berjumlah 57 orang dan angkatan 2022 berjumlah 73 orang, jadi total sampelnya sebanyak 191 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yaitu teknik proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa konformitas teman sebaya dan money availability masing-masing memiliki pengaruh secara langsung terhadap self control dengan nilai signifikansinya (0,000 < 0,05). Selanjutnya konformitas teman sebaya tidak berpengaruh secara langsung terhadap impulse buying dengan nilai signifikansinya (0,615 > 0,05), sementara money availability berpengaruh secara langsung terhadap impulse buying dengan nilai signifikansinya (0,000 < 0,05) Kemudian diperoleh hasil lain bahwa self control berpengaruh terhadap impulse buying dengan nilai signifikansinya (0,004 <0,05). Berdasarkan uji Path Analysis menunjukan bahwa konformitas teman sebaya berpengaruh terhadap impulse buying melalui self control dan money availability berpengaruh terhadap impulse buying melalui self control. Kata kunci: Konformitas Teman Sebaya, Money Availability, Impulse Buying dan Self Control.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 03 Feb 2025 01:24
Last Modified: 03 Feb 2025 01:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15049

Actions (login required)

View Item View Item