ROHAMAH, ENENG SITI (2024) STRATEGI TUTOR DALAM MEMBENTUK KARAKTER KREATIF PESERTA DIDIK (Studi pada Peserta Didik Program Kesetaraan Paket C di PKBM Gema). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
5. MOTTO.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4kB) |
![]() |
Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
13. BAB I.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
14. BAB II.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
15. BAB III.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
![]() |
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
![]() |
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Peserta didik PKBM Gema memiliki karakter yang beragam dan tentunya peserta didik mempunyai kelebihan dan kekurangan setiap individunya, dengan solusi tutor harus memiliki strategi dalam membangun karakter kreatif peserta didiknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi tutor dalam membentuk karakter kreatif peserta didik Paket C PKBM Gema Kota Tasikmalaya. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ialah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu tutor memberikan strategi dalam membangun karakter kreatif peserta didik di PKBM Gema Kota Tasikmalaya, dengan peserta didik yang diharapkan bisa mempunyai karakter kreatif dalam pembelajaran, strategi tutor PKBM Gema yang diberikan kepada peserta didik diantara lain: tutor menjadi teladan dengan cara mengikuti tata tertib di lembaga, melakukan pendekatan, menerapkan sikap adil dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan mengikuti seminar-seminar pendidikan. Tutor menjadi pembimbing dengan memberikan intruksi moral secara tegas, jelas dan cerdas, selain itu tutor memberikan bimbingan melalui metode diskusi, nasihat, bercerita atau problem based learning untuk mendorong peserta didik supaya berfikir kritis. Tutor menjadi pengasuh dengan cara memberikan kasih sayang dengan melakukan pendekatan dan menghormati peserta didik dengan mengimplementasikan 5S yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun, serta membangun kepercayaan diri peserta didik dengan mengembangkan kekuatan dan keterbatasan peserta dengan cara memberikan motivasi, tutor PKBM Gema juga membantu peserta didik merasakan moralitas dengan memberikan konselling. Kesimpulannya dengan strategi tutor dalam membentuk karakter kreatif kepada peserta didik menjadikan peserta didik mempunyai semangat kembali dalam mengikuti aktivitas pembelajaran di PKBM Gema Kota Tasikmalaya. Kata Kunci : Strategi Tutor, Karakter Kreatif, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 08:41 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 08:41 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |